TUGAS MAPEL PILIHAN LPC

 


Tugas Kelompok Produk Life Cycle Cimory


Anggota Kelompok: 1) Lita Latifah 2) Syntia


Apa yang dimaksud dengan produk life cycle? 

produk life cycle adalah tahapan tahapan atau proses perjalanan suatu produk mulai dari seorang produsen mengenalkan dan memasarkan hingga pada akhirnya tergantikan dengan produk lain yang lebih canggih dan terbaru. 

4 Tahapan produk life cycle cimory↓↓

1.Tahap Pengenalan (Introduction)

Pertama melangkah ke bisnis cokelat Axel merasa kesulitan dalam mendapatkan suplai bahan baku yang bagus untuk produk cokelatnya karena tidak memiliki jaringan ditribusi bahan baku yang belum dikenalnya. Bahkan ia sempat ditolak oleh supplier karena ia masih baru dalam dunia bisnis cokelat. Hingga ia berhasil menemukan supplier yang bagus untuk memproduksi cokelatnya. Tetapi ia mulai dengan mencoba strategi harga dengan menbanderol kisaran Rp2.000 – Rp40.000. Chocomory mulai memasang promosi baliho iklan sebuah Chocolate Shop yang berlabelkan Chocomory.

2.Tahap Pertumbuhan (Growth) 

Sudah 2 tahun Axel mengembangkan Chocomory di gerainya di Komplek Cimory Riverside, Puncak, Jawa Barat selalu ramai pembeli. Pejualandan laba meningkat cukup cepat yang terbukti bahwa Axel dapat memproduksi cokelat hingga 500kg. Ia menjual produknya dengan harga relatif murah dengan kualitas terbaik.Ia mulai menambah variasi produknya dengan memproduksi aneka bentuk dan rasa cokelat. Promosi penjualan masih sama seperti tingkat awal hanya saja baliho iklan terdapat macam-macam produk yang di jualnya. Kualitas produknya pun semakin meningkat yang terbukti dengan rasa yang semakin enak serta beraneka ragam dan packaging yang menarik. Lighting dan desain interior serta penataan produk yang rapi yang dimiliki oleh Chocomory juga adalah sebab para konsumen ingin datang membeli produk yang dikembangkan oleh Axel.

3.Tahap Kedewasaan (Maturity)

Memasuki tahun ketiga, produknya mulai dipercaya oleh wisatawan asing dan lokal saat berkunjung kedaerah Puncak. Sehingga Chocomory mulai dikenal sebagai oleh-oleh khas Puncak. Kini ia sedang menggarap kelas edukasi cokelat buatan Indonesia yang nantinya berfungsi untuk mengenal lebih dekat sejarah cokelat dan teknik pembuatan cokelat.

4.Tahap Penurunan (Decline)

Terdapat beberapa produk yang di jual Chocomory yang dapat ditemui konsumen ditempat lain dengan harga yang lebih murah, dan beberapa konsumen mulai mencari produk lain dengan harga yang lebih terjangkau.Tetapi strategi yang digunakan Chocomory berhasil dengan cara memperbanyak buatan cokelat yang tidak dijual di perusahaan lain serta beragam dan meningkatkan kualitas produknya hingga setara dengan kualitas buatan Eropa.

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya. 

Komentar

Postingan Populer